Senin, 26 Desember 2016

Manipulatif



Berbagai sub yang diajarkan pada mata pelajaran matematika seperti trigonometri bangun datar. Bangun ruang, aljabar, geometri da sebagainya. Aljabar, geometri, dan trigonometri merupakan sub matematika yang menantang dan kompleks bagi kalangan siswa SMA.
Pelajaran ini biasanya diajarkan menggunakan buku teks, lembar kerja siswa, dan ujian. Tidak bisa dipungkiri, banyak siswa yang belajar matematika terlihat bosan, sulit, dan tidak relevan. Sangat sedikit yang mengatakan matematika menyenangkan dan menarik.
Pendekatan terpadu diperlukan untuk memotivasi siswa untuk belajar matematika di lingkungan yang lebih santai, sehingga menghilangkan kecemasan matematika siswa, kurangnya keterampilan aplikasi matematika, dan kinerja tes standar yang buruk.
Salah satu studi internasioal yaitu TIMSS (Trends in Inetrnatioal Mathematics and Science Study) menguji siswa di berbagai negara setiap 4 tahun sekali. Dalam pengevaluasian ini, matematika SMA harus diajarkan dengan cara dimana siswa dapat memahami dan mengerti keterampilan.
Manipulatif adalah objek visual yang dapat membantu menggambarkan hubungan matematis dan aplikasi. Selain itu, manipulatif merupakan sumber daya yang mempercepat dan memperdalam pemahaman siswa dari matematika.
Hampir semua proses belajar mengajar matematika berlangsung di tingkat abstark (Sharma, 1997). Menurut Sharma, siswa memiliki kecendrungan untuk melupakan ketika diajarkan hanya pada tahap abstrak. Sehingga membuat siswa frustasi karena penguasaan materi tidak pernah sepenuhnya tercapai. Kegagalan hasil belajar matematika akan menyebabkan banyak siswa merasa takut lebih besar terhadap matematika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar