Berbagai
sub yang diajarkan pada mata pelajaran matematika seperti trigonometri bangun
datar. Bangun ruang, aljabar, geometri da sebagainya. Aljabar, geometri, dan
trigonometri merupakan sub matematika yang menantang dan kompleks bagi kalangan
siswa SMA.
Pelajaran
ini biasanya diajarkan menggunakan buku teks, lembar kerja siswa, dan ujian. Tidak
bisa dipungkiri, banyak siswa yang belajar matematika terlihat bosan, sulit,
dan tidak relevan. Sangat sedikit yang mengatakan matematika menyenangkan dan
menarik.
Pendekatan
terpadu diperlukan untuk memotivasi siswa untuk belajar matematika di
lingkungan yang lebih santai, sehingga menghilangkan kecemasan matematika
siswa, kurangnya keterampilan aplikasi matematika, dan kinerja tes standar yang
buruk.
Salah
satu studi internasioal yaitu TIMSS (Trends
in Inetrnatioal Mathematics and Science Study) menguji siswa di berbagai
negara setiap 4 tahun sekali. Dalam pengevaluasian ini, matematika SMA harus
diajarkan dengan cara dimana siswa dapat memahami dan mengerti keterampilan.
Manipulatif
adalah objek visual yang dapat membantu menggambarkan hubungan matematis dan
aplikasi. Selain itu, manipulatif merupakan sumber daya yang mempercepat dan
memperdalam pemahaman siswa dari matematika.
Hampir
semua proses belajar mengajar matematika berlangsung di tingkat abstark
(Sharma, 1997). Menurut Sharma, siswa memiliki kecendrungan untuk melupakan
ketika diajarkan hanya pada tahap abstrak. Sehingga membuat siswa frustasi
karena penguasaan materi tidak pernah sepenuhnya tercapai. Kegagalan hasil
belajar matematika akan menyebabkan banyak siswa merasa takut lebih besar
terhadap matematika.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar